Blog

Desain Website Simple Murah?

Desain Website Simple Murah?

“Pak, kami cuma ingin membuat website yang design-nya simpel-simpel aja, tidak neko-neko, harusnya bisa murah dong ya?”

Pasti banyak web design agency lainnya yang juga sering mendapatkan respon seperti ini.

Biasanya yang minta design web dengan konsep seperti ini adalah mereka yang ingin memulai bisnis e-commerce bidang fashion, dimana mengambil contoh online shop luar negeri yang notabene design-nya bercorak simple, elegan, dan berkelas.

Mitos atau Fakta?
Banyak sekali orang yang menganggap bahwa website dengan design yang simple itu lebih mudah dibuat, dan otomatis lebih murah harusnya. Tapi apakah benar demikian?

Bagi Anda yang berpikir demikian, perlu Anda ketahui bahwa membuat sebuah design yang simple tapi tetap terlihat bagus seringkali justru LEBIH SULIT.

Hal ini tidak hanya berlaku di desain website saja, tapi di seluruh disiplin ilmu design, mulai dari landscape design, fashion design, logo design, dan sebagainya. Lihatlah sekeliling Anda, justru design yang simple itulah yang biasanya lebih mahal. Paling gampang adalah industri smartphone, dimana kita tahu salah satu merek smartphone termahal adalah iPhone. Salah satu hal yang membuatnya mahal adalah karena… Yeap, design-nya yang simple dan elegan.
Kenapa Design Simple Justru Lebih Mahal?

Karena lebih sulit. Terdengarnya kontradiktif, tapi siapapun yang berprofesi sebagai designer pasti setuju dengan pernyataan tersebut.

Sulitnya Dimana?
Karena, ketika kita mencoba membuat design yang simple, seringkali hasilnya adalah design website yang kosong dan sepi. Seolah-olah kayak website yang belum selesai dibuat atau asal jadi. Ini adalah salah satu “jebakan batman” yang sering dialami designer pemula.

Untuk membuat sebuah web design yang simple tetapi tetap terlihat elegan, berkelas, tidak sepi dan kosong, tapi di sisi lain juga tidak terlalu ramai, proporsional, dan harmonis di setiap unsurnya, itu BENAR-BENAR SULIT. Terkadang diperlukan waktu hingga berhari-hari “hanya” untuk menghasilkan sebuah desain yang membuat orang awam berkomentar “cuma begitu saja masa sih perlu berhari-hari?”.

Kenapa bisa sampai berhari-hari? Karena mencari ide dan trial-error nya yang susah. Kalaupun ide sudah ketemu, terkadang masih harus mencampurkan semua unsur design agar terlihat blended, menyatu dengan harmonis dan proporsional. Sedikit saja grafis atau icon yang salah penempatannya, bisa merusak seluruh nuansa design yang sudah terbentuk.

Kesimpulan
Merancang sebuah tampilan atau design tidaklah sesederhana 1 + 1 = 2, dan tolak ukur biayanya bukan melulu dari apakah design itu simple atau tidak. Tolak ukurnya adalah seberapa besar kesulitannya dalam mebuat design itu selaras dengan brand identity yang ingin disampaikan, namun di sisi lain tidak terlihat serupa dengan kompetitor Anda. Itulah yang selalu kami coba jelaskan kepada calon klien Daduweb.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa lebih jelas dan bisa menjawab pertanyaan “website saya simple, apakah bisa lebih murah?“.

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *