Blog

Mengapa banyak orang menggunakan jasa pembuatan toko online?

Mengapa banyak orang menggunakan jasa pembuatan toko online?

Di tengah mulai boomingnya toko online, dan mulai semaraknya sosial media dengan berbagai macam pemasaran, maka tidak heran bisnis jasa pembuatan toko online pun mulai memasuki era bulan madunya.

Salah satu alasan terbesar dari pemilik usaha yang mencoba peruntungan lewat toko online adalah, kemudahan mengejar lebih banyak lagi pelanggan, karena selain mesti menjual kepada pelanggan tetap yang tradisional, mereka pun ingin membuka lebih banyak lagi peluang kepada pasar yang lebih luas.

Kelebihan online marketing sendiri adalah selain saran pemasaran, bisa juga menjadi sarana marketing. Dan dibandingkan mencoba merekrut tim website sendiri, umumnya para UMKM lebih mempercayakan pada jasa jasa pembuatan toko online. Dalam hal ini, para pelaku pembuatan toko online pun mulai menyebarkan fasilitas fasilitas kepada calon konsumen mereka.

Ambil contoh Jejualan.com di mana jasanya konon sudah digunakan oleh ribuan konsumen yang ingin memiliki toko online.

“Saat ini sudah ada ribuan pemakai aktif, sistemnya sewa,” jelas co Founder Jejualan.com Ferry Wiharsasto.

Ferry memaparkan bahwa antusias pelaku usaha dari tahun ke tahun untuk memiliki toko online sendiri terus meningkat. Seraya menyebut angka 20 persen setiap tahun, menyiratkan bahwa bisnis toko online sejatinya masih tengah panas. Terlebih ungkap Ferry pengguna fasilitasnya kebanyakan adalah pengguna individu.

Yang perlu dicatat, sifat dari pembuatan toko online ini cenderung viral. Jika ada yang sukses, tidak sedikit kesuksesan ini tersebar luas. Sehingga ada dorongan internal dari pemilik usaha yang sebelumnya offline dan punya sekedar toko offline mulai melirik toko online karena merasa penasaran dengan kesukesan rekan rekan sesama pedagang.

Masih menurut Ferry, melalui layannya, tidak sedikit yang benar benar pemula dalam bisnis toko online ini, karena mereka memang murni tidak berniat untuk meninggalkan konsep offline, sehingga ada bisnis lain yang bisa mengikuti kecenderungan bisnis toko online, yakni para content writer, dan SEO organizer.

Keduanya dibutuhkan karena toko online prinsipnya berbeda, bukan sekedar mesti ditunggui oleh penjaga toko yang sering disebut admin, tapi juga harus terus memastikan posisinya berada di posisi terbaik dalam mesin pencari, dan senantiasa mengisi konten konten yang juga terbaik.

Salah satu tujuan mengapa pelanggan kini lebih memilih toko online karena ekslusifitas branding. Jika toko Anda berada di pasar, orang tidak mudah ingat nama toko, namun cenderung lebih ingat pada nama pasar.  Masyarakat seolah memukul rata bahwa setiap toko di pasar sudah pasti murah, dan tingga berpindah dari satu toko ke toko lain, padahal yang membuatnya murah adalah brand yang dijual.

Itulah alasannya mengapa pemilik toko online bisa merasa nyaman dengan menjual brand sendiri yang tentunya lebih banyak mendapatkan pengakuan dari pelanggan.***

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *